.

Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mesuji



MESUJI - Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Mesuji, pemkab setempat berencana membangun Akademi Negeri untuk menampung lulusan sekolah menengah atas atau setingkatnya di wilayah itu. 
Bupati Mesuji Khamamik mengutarakan, Akademi Komunitas Negeri Mesuji yang rencananya dibangun di Desa Mukti Karya, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji. Selama ini, menurut dia, mayoritas lulusan SMA atau setingkat yang ada di Mesuji tidak dapat melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi karena keterbatasan dana.
"Itu karena di Mesuji belum ada perguruan tinggi sehingga kuliah menjadi sesuatu yang mahal, selain menanggung SPP orang tua juga harus mengeluarkan biaya untuk kos jika kuliah di daerah lain," ungkap Khamamik.
akademi-komunitas-negeri mesuji

Akademi Komunitas Negeri Mesuji ini belum sepenuhnya berdiri sendiri melaikan masih di bawah pembinaan Universitas Lampung.
Untuk angkatan pertama tahun 2013/2014 Akademi Komunitas Negeri Mesuji memiliki  120 orang mahasiswa dan memiliki satu program studi, yaitu program studi teknik mesin, konsentrasi, las fabrikasi logam,   dan perbaikan bodi otomotif.
Untuk diketahui bersama dari 197 proposal pendirian komunitas yang masuk ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan dari seluruh Indonesia, hanya 20 penyelenggara akademi  yang disetujui, termasuk Akademi Komunitas Negeri Mesuji ini. 
Guna memastikan terwujudnya pembangunan Akademi Negeri itu, pada Sabtu (19/01/13) Khamamik turun langsung meninjau lokasi calon kampus Akademi Negeri yang lahannya merupakan hibah dari masyarakat Desa Mukti Karya.
"Selain dibangun kampus, di lokasi yang sama juga akan dibangun Sekolah Unggulan Terpadu yang akan menampung siswa pada semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi," beber Khamamik. Bupati pun memberi apresiasi kepada masyarakat Desa Mukti Karya yang telah menghibahkan lahan untuk calon kampung Akademi Negeri.

Sementara, Kepala Desa Mukti Karya, Kecamatan Panca Jaya, Mesuji, Suyati menerangkan bahwa secara keseluruhan luas areal calon lokasi kampus Akademi Negeri sekitar 32 hektare (ha). Dari jumlah itu, kata dia, yang sudah resmi dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk kebutuhan lokasi pendidikan seluas 15 ha.

"Itu sesuai Akta Hibah yang dikeluarkan oleh Camat Panca Jaya, selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) dengan Nomor 595/22/AH-PJ/2010 Tanggal 10 November 2012. Sejak dulu masyarakat Mukti Karya mendambakan dibangunnya pusat pendidikan di desa kami, sehingga kami bersedia menghibahkan tanah tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji," terang Suyati.

Demi mewujudkan impian masyarakat Mukti Karya, mereka siap untuk menghibahkan semua tanah di lokasi tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji. "Ini merupakan cita-cita masyarakat Mukti Karya sejak dulu mas. Jangankan 15 hektare, masyarakat Mukti Karya pun siap jika harus menghibahkan tanah tersebut seluruhnya," ucapnya. 


sumber: tribunlampung
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gaya Hidup / Kampus / Mesuji dengan judul Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mesuji. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2014/01/akademi-komunitas-negeri-akn-mesuji.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mesuji - Monday, January 13, 2014 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2014/01/akademi-komunitas-negeri-akn-mesuji.html