.

Polres Mesuji segera Dibangun



KABAR MESUJI | Masyarakat Kabupaten Mesuji segera memiliki polres. Pasalnya, dari tiga daerah otonomi baru yang terbentuk, yakni Mesuji, Tulangbawang Barat, dan Pringsewu, Kabupaten Mesuji yang mendapat restu dari Mabes Polri untuk berdiri sebuah polres.

Sesuai rencana, kata Bupati Mesuji Khamamik, ditemui di rumah dinasnya, Rabu (5-6) kemarin, peresmian Markas Polisi Resort Mesuji akan dilakukan Juni 2013.


“Ya, rencananya bulan ini, paling lambat Juli 2013, karena dari Mabes Polri sudah turun surat perintahya. Sekarang kami sedang koordinasi terus dengan Kapolda Lampung sambil menyiapkan tempat rencana lokasi polresnya,” kata Khamamik.


Bupati menjelaskan lokasi markas komando polisi itu rencananya akan ditempatkan di Mapolsek Tanjungraya. Penempatan lokasi mapolres tersebut, kata Bupati, dengan berbagai pertimbangan.


Pertama, lokasi di Tanjungraya merupakan wilayah paling tengah dari seluruh wilayah Kabupaten Mesuji. “Jadi, karena letaknya di tengah mudah menjangkau seluruh wilayah Mesuji,” ujarnya.


Kedua, dipilihnya Polsek Tanjungraya karena kondisinya saat ini cukup layak untuk dijadikan Mapolres Mesuji dengan bangunan kantor polsek cukup besar. Kemudian, fasilitas di kantor tersebut cukup lengkap. Ketiga, halaman kantor tersebut luas.


Hal lain, kata Khamamik, jika untuk pengembangan ruangan di wilayah lain semisal di Polsek Simpangpematang kurang representatif. Sementara di Polsek Tanjungraya, kata Bupati, sudah ada mes atau barak yang bisa digunakan oleh bintara personel baru Mapolres.


Khamamik menambahkan bagi bintara polisi yang akan menjadi personel Polres Mesuji, tempat tinggal sudah disiapkan juga selain di barak yakni di dua pesantren yang ada di Desa Bujungburing, yakni di Pesantren Ulul Abshhor dan Pesantren Bujungburing. “Jaraknya hanya 3 km dari mapolres, jadi tidak terlalu jauh,” ujarnya.


Bupati mengakui sebelumnya Polda Lampung pernah meyurati Pemkab Mesuji agar lokasi mapolres sementara di Polsek Simpangpematang. “Namun, kami sudah balas dengan berbagai pertimbangan tadi, kami mohonkan agar di Kecamatan Tanjungraya,” kata dia.


Sebab, jika di Polsek Simpangpematang, penempatan bintara polisi akan kesulitan karena di Mapolsek Simpangpematang tidak ada tempat. Jika dibangun barak baru semipermanen dengan ukuran 7 x 49 meter, kata Bupati, akan tetap tidak efektif.


“Soalnya dananya kami hitung-hitung sekitar Rp2 miliar juga. Lebih baik kami optimalkan yang sudah ada yakni di Kecamatan Tanjungraya. Dan kami paling tinggal memoles sedikit seperti atap, plafon, dan kamar mandi,” ujarnya.


Kalau memang nantinya Kapolda Lampung setuju, kata Bupati, berarti tinggal memenuhi kekurangan tempat tidur bagi bintara-bintara personel baru Polres Mesuji. Kemudian, Bupati mengungkapkan jika benar nanti Polsek Tanjungraya menjadi mapolres sementara, Polsek Tanjungraya akan digeser ke Desa Bujungburing.


Tempat untuk kantor polsek sendiri sudah disiapkan oleh warga masyarakat setempat, yakni menggunakan balai desa lama desa tersebut. “Pakai balai desa yang lama, sekarang kan sudah ada balai desa yang baru,” ujarnya.


Sementara untuk lokasi Mapolres Mesuji definitif terus dipersiapkan oleh Pemkab Mesuji di Desa Gedungram. Berdekatan dengan rumah dinas Bupati Mesuji. “Sekarang sedang dibuka jalan tembus ke perempatan selamat datang,” kata dia.


Lokasi Mapolres disiapkan 5 ha oleh Pemkab Mesuji. “Sedangkan mengenai pembangunannya diserahkan ke pihak kepolisian. Kami menyiapkan tanahnya saja,” ujar Bupati.


Ke depan diharapkan dengan hadirnya mapolres di Mesuji dapat menekan angka kejahatan, baik itu curat, curas, curanmor, hingga kejahatan lainnya seperti perambahan hutan di kawasan Register 45 Sungaibuaya.


sumber : lampungpost 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mesuji dengan judul Polres Mesuji segera Dibangun. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/06/polres-mesuji-segera-dibangun.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung Polres Mesuji segera Dibangun - Saturday, June 8, 2013 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/06/polres-mesuji-segera-dibangun.html