.

Khamamik Janji Fasilitasi Warga untuk HGU PPA




TRIBUNLAMPUNG.co.id - Bupati Mesuji Khamamik berjanji akan memfasilitasi aspirasi masyarakat Desa  Sidang Gunung Tiga  dan Sungai Sidang  Kecamatan Rawajitu Utara, Mesuji agar memperoleh plasma tanaman kelapa sawit lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Prima Alumga (PPA).

Namun demikian, Khamamik enggan untuk merespon aspirasi warga jika menuntut perusahaan melepas Hak Guna Usaha (HGU)

"Kalau tuntutannya adalah pelepasan tanah HGU oleh perusahaan itu tidak mungkin karena perusahaan tidak memiliki kewenangan untuk itu, tapi kita akan menyampaikan kepada investor berdasarkan logika hukum agar hasilnya sama-sama baik. Pemkiab akan mengupayakan agar pihak perusahaan dapat berdialog dengan perwakilan masyarakat untuk mencari solusinya", ucap Khamamik, saat menerima kedatangan perwakilan warga Desa  Sidang Gunung Tiga  dan Sungai Sidang  Kecamatan Rawajitu Utara, di rumah Dinas Bupati, Kamis (03/01/2013).

Khamami menjelaskan bahwa menurut PP nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan dan Hak Pakai atas Tanah,  pada prinsipnya tanah HGU adalah aset negara sehingga perusahaan tidak memiliki hak untuk melepaskan tanah dalam status itu. HGU, menurut Khamami, dapat hapus atau batal antara lain jika perusahaan tidak  melaksanakan kewajibannya, misalnya membayar PBB ataupun yang berkenaan dengan  Izin Usaha Perkebunan. Demikian halnya jika perusahaan menyalahgunakan peruntukan ataupun menterlantarkan lahannya.

Ia juga meminta masyarakat agar senantiasa menjaga kondusifitas keamanan dan tidak mudah terprovokasi oleh tindakan-tindakan yang bersifat anarkis.

"Mari ajak masyarakat kita untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif, kareana jika tidak kondusif yang rugi bukan hanya perusahaan, tapi masyarakat juga," terang Khamamik. (end)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mesuji dengan judul Khamamik Janji Fasilitasi Warga untuk HGU PPA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/khamamik-janji-fasilitasi-warga-untuk.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung Khamamik Janji Fasilitasi Warga untuk HGU PPA - Minggu, 06 Januari 2013 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/khamamik-janji-fasilitasi-warga-untuk.html