.

KabarMesuji | Selamatkan Populasi Ikan di Desa Tua



MESUJI - Bupati Mesuji Khamami memastikan akan menyiapkan program unggulan di semua sektor. Ia juga memastikan bahwa program unggulan tersebut akan diluncurkan di desa tua yang ada  di Mesuji. Itu tak lain untuk pengembangan dan antisipasi kepunahan populasi ikan air tawar di sepanjang aliran sungai Mesuji yang kini mulai langka di peredaran.
’’Saat ini kami telah memerintahkan Dinas Peternakan untuk melakukan pendataan terhadap calon penerima calon lokasi (CPCL) di tujuh kecamatan se-Mesuji. Pendataan CPCL tersebut untuk memastikan benih ikan yang cocok untuk dikembangkan di wilayah perairan Mesuji,” jelas Khamami.
Dikatakannya, saat ini dinas melakukan pendataan terhadap calon lokasi pengembangan populasi ikan, apakah cocok untuk dikembangkan atau tidak. Program tersebut yang akan dijalankan pada 2013 ini. Karenanya, satuan kerja yang ada harus memprioritaskan dan memperhatikan kesepuluh desa tua.
’’Benih ikan akan dibagikan di beberapa kecamatan desa tua. Tetapi untuk jumlahnya, belum dapat dipastikan. Pasalnya saat ini tengah melakukan penyemaian benih dan pendataan terhadap lokasi mana yang cocok untuk dikembangkan,” paparnya. Menurut dia, jumlahnya dapat dipastikan setelah pendataan lokasi bersama masyarakat atau CPCL selesai.
Bukan hanya melakukan pendataan, DP2K juga menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Itu mengingat pentingnya kesadaran masyarakat akan lingkungan dan kehidupan air. Artinya, warga harus ikut menjaga kelestarian ikan-ikan tersebut dan jangan sampai melakukan kekerasan terhadap kehidupan yang ada di sungai.
’’Untuk itu diperlukan peran serta masyarakat. Nantinya setelah penaburan ikan, warga diminta menjaganya dari segala kemungkinan oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelasnya.
Menurut dia, masyarakat harus menghindari melakukan pengeboman ikan, strum, dan memakai racun demi mengambil ikan di sungai. ’’Harus menjaga kelestariannya. Jangan sampai mengunakan peralatan-peralatan yang tidak wajar untuk menangkap ikan,” tukasnya.
Itu karena jika penangkapan ikan mengunakan alat-alat strum, maka kepunahan populasi ikan di sungai dapat terjadi. Akibatnya ke depan masyarakat tidak dapat lagi melihat keindahan kehidupan ikan di sungai.
’’Pelaksanaan pengawasan air yang ada di wilayah Mesuji bukan hanya sungai yang menjadi target pengembangan populasi, tetapi seluruhnya. Untuk menghindari kepunahan ikan di sepanjang bantaran sungai yang ada di Mesuji juga tanggung jawab masyarakat Mesuji," katanya.
Pemkab Mesuji, lanjutnya, saat ini akan meluncurkan program untuk menyebar ikan ke beberapa titik sungai yang ada di setiap kecamatan. Program tersebut direncanakan pada 2013.
’’Pelaksanaan program yang akan datang, saya mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintahan desa beserta masyarakat agar ikut berperan aktif demi menyukseskan program pemberdayaan ikan sungai, termasuk pengawasan yang dilakukan secara bersama tentunya dapat meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan,” tukasnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mesuji dengan judul KabarMesuji | Selamatkan Populasi Ikan di Desa Tua . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/04/kabarmesuji-selamatkan-populasi-ikan-di.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung KabarMesuji | Selamatkan Populasi Ikan di Desa Tua - Tuesday, April 16, 2013 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/04/kabarmesuji-selamatkan-populasi-ikan-di.html