.

Petani Jambi Dan Mesuji "Juga" Rayakan Tahun Baru 2013



MESUJI | Pesta pergantian tahun bukan hanya milik orang-orang kota. Di desa Tunggal Jaya, Register 45 Mesuji, Lampung, seratusan petani juga larut dalam perayaan pergantian tahun.
Mereka adalah petani dari Jambi, yang sedang menggelar aksi long march dari Jambi ke Jakarta, dan petani register 45 Mesuji. Aktivis dari PRD, STN, SRMI, dan LMND juga berbaur dengan petani.
Tetapi perayaan tahun baru versi petani ini agak berbeda. Sekitar pukul 08.00 WIB, acara dimulai. Para petani duduk membentuk sebuah lingkaran besar. Diskusi dan refleksi akhir tahun pun dimulai.
Ketua Umum STN Yoris Sindhu Sunarjan memulai acara. Ia menceritakan konflik agrarian yang sedang melilit kaum tani. “Sepanjang tahun 2012 ada 198 kasus konflik agraria. Jumlahnya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 163 kasus,” kata Yoris.
Yoris juga menjelaskan, peningkatan jumlah kasus konflik agraria di Indonesia tidak terlepas dari makin derasnya ekspansi modal, khususnya modal asing, dalam beberapa tahun terakhir. “Ekspansi kapital yang begitu massif membutuhkan tanah untuk pengembangan bisnis mereka,” katanya.
Seusai Yoris memberi sambutan, para petani Jambi dan register 45 Mesuji pun mulai angkat bicara. Mereka menceritakan kasus konflik agraria yang sedang mereka alami. Proses diskusi ini pun menjadi ajang tukar pengalaman antara petani Jambi dan petani register 45 Mesuji.
Tiba pukul 11.00 WIB, petani menyetop diskusi mereka, lalu mempersiapkan diri menyambut detik-detik pergantian tahun. Musisi reggae Dompak Red Flag tampil menghibur para petani. Dia menyanyikan hampir semua lagunya yang sudah tiga album, seperti Tidur jangan, Hentikan, Buruh tani, Fight For Socialism, dan lain-lain.
Dan, ketika jarum jam menunjuk pukul 12.00 WIB, petani pun menyulut kembang api dan meluncurkannya ke udara. “Inilah ekspresi harapan kami, bahwa tahun 2013 kehidupan petani Indonesia jauh lebih baik dan tidak ada lagi konflik agrarian,” ujar Wondo, salah seorang petani.
Tak hanya itu, untuk memperkuat keakraban diantara kaum tani, mereka membakar sate. Acara penyambutan pergantian tahun ala petani ini berakhir pada pukul 02.00 WIB.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mesuji dengan judul Petani Jambi Dan Mesuji "Juga" Rayakan Tahun Baru 2013. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/petani-jambi-dan-mesuji-juga-rayakan.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung Petani Jambi Dan Mesuji "Juga" Rayakan Tahun Baru 2013 - Sunday, January 6, 2013 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/petani-jambi-dan-mesuji-juga-rayakan.html