.

Panorama Indah Dari Tepi Pantai Mutun Bandar Lampung






A. Selayang Pandang

Membicarakan tentang wisata di Provinsi Lampung tentu yang pertama terlintas di ingatan adalah pusat pelatihan gajah Way Kambas. Tempat di mana gajah liar dididik untuk menjadi gajah yang patuh dan bisa melakukan berbagai macam pertunjukan. Namun, obyek wisata yang ada di Provinsi Lampung tidak hanya sebatas Way Kambas saja. Lampung juga memiliki obyek wisata lain yang layak dijadikan destinasi liburan Anda.
Sebagai contoh sebut saja hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Museum Lampung, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Kalianda. Namun, selain obyek wisata yang telah disebutkan di atas, masih ada satu obyek yang tidak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Obyek wisata tersebut adalah Pantai Mutun.
Pantai Mutun berada di jalur yang menuju ke Padang Cermin, kurang lebih 25 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Letak pantai ini sendiri berada di sebelah kiri jalan utama, dan dari jalan utama berjarak sekitar satu kilometer. Sebagai tempat kunjungan wisatawan, selama dua tahun terakhir Pantai Mutun mulai berbenah dan mempercantik diri. Berbagai sarana dan fasilitas telah dibangun untuk melengkapi keindahan Pantai Mutun.

B. Keistimewaan

Hamparan pantai berpasir putih dengan laut biru merupakan pemandangan yang mendominasi obyek wisata Pantai Mutun. Dengan laut yang berombak tenang membuat wisatawan tidak ragu lagi untuk menceburkan diri dan berenang di laut. Bagi yang tidak ingin mandi di laut, Anda dapat duduk dan berteduh di pondok-pondok kecil yang ada di sepanjang pantai sambil mengawasi keluarga Anda yang sedang bermain-main.
Tak puas dengan bermain air laut dan pasir, Anda dapat mencoba bermain flying fox, banana boat, kano, atau naik kuda menyusuri pantai. Semua fasilitas itu tersedia di Pantai Mutun dengan harga yang terbilang murah. Selain melakukan aktivitas yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat memancing di sini. Jika Anda tidak membawa peralatan memancing jangan kuatir, di sini ada tempat khusus yang menyewakan peralatan memancing beserta kapal yang dapat Anda gunakan untuk memancing di tengah laut. Harga sewanya pun relatif terjangkau.
 
Tempat Penyewaan Kano
Sumber Foto: http://youfy.multiply.com
Setelah bosan bermain di pantai, Anda dapat pergi ke pulau kecil yang ada di seberang pantai, pulau tersebut adalah Pulau Tangkil. Pulau Tangkil merupakan pulau kecil dengan pesona alam yang indah. Selain memiliki pantai berpasir putih, pulau seluas 16 hektare ini pun cukup rimbun dengan beragam pohon, termasuk pohon kelapa dan pohon bakau. Untuk mencapai Pulau Tangkil Anda dapat menaiki perahu kelotok milik nelayan. Jarak dari Pantai Mutun ke Pulau tangkil hanya 1 mil. Setelah sampai di Pulau Tangkil Anda bisa minta untuk ditinggal atau ditunggu. Jika Anda minta ditinggal untuk mengelilingi Pulau Tangkil, sebaiknya Anda membikin janji dengan pemilik kapal kapan Anda akan dijemput.

Pulau Tangkil dan Pantainya
Sumber Foto: http://youfy.multiply.com

C. Lokasi

Pantai Mutun terletak di Jl. Pematang Rinjing, Desa Sukajaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Indonesia.

D. Akses

Terletak sekitar 25 kilometer arah barat daya dari Kota Bandar Lampung membuat pantai ini mudah untuk dikunjungi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi waktu yang diperlukan untuk mencapai pantai ini kurang lebih 30 menit. Namun, bagi Anda yang menggunakan angkutan umum dari Bandar Lampung, Anda cukup naik kendaraan satu kali. Setelah Anda sampai di jalan raya menuju pantai, Anda dapat memilih untuk berjalan kaki atau naik ojek. Jaraknya kurang lebih satu kilometer. Jika Anda memilih untuk menggunakan taksi dari Bandar Lampung, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp50.000,00, dan Anda langsung turun di bibir pantai (September 2012).

E. Harga Tiket

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Mutun, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 guna membayar tiket masuk. Tiket untuk mobil sebesar Rp10.000,00 (September 2012).

F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Fasilitas yang ada di Pantai Mutun terbilang cukup memadai. Di tempat ini terdapat banyak penginapan yang bisa dijadikan pilihan untuk bermalam. Harganya bervariatif, mulai dari Rp150.00,00 hingga Rp250.000,00 per malam. Jika Anda ingin mencari penginapan yang lebih lengkap fasilitasnya, Anda dapat pergi ke Bandar Lampung. Selain penginapan, di tempat ini juga terdapat saung atau pondok-pondok kecil tempat melepas penat dan berteduh. Pondok yang dapat menampung sekitar 10 orang tersebut disewakan Rp20.000,00. Anda dapat menggunakannya seharian penuh.  

Pantai Mutun Tampak dari Laut
Sumber Foto: http://youfy.multiply.com
Di tempat ini juga terdapat paket murah. Dengan membayar Rp25.000,00, Anda dapat menikmati flying fox, banana boat, kano, naik kuda, hingga menyeberang ke pulau-pulau yang ada di sekitar Pantai Mutun. Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing di lautan lepas seharga Rp100.000,00 hingga Rp250.000,00 untuk satu hari (September 2012). Jika Anda tidak membawa peralatan memancing Anda dapat menyewanya. Setelah lelah melakukan aktivitas, Anda dapat menikmati makan siang di restoran yang ada di Pantai Mutun ini.


Silahkan klik untuk memperbesar gambar 

 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wisata dengan judul Panorama Indah Dari Tepi Pantai Mutun Bandar Lampung. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/panorama-indah-dari-tepi-pantai-mutun.html. Terima kasih!
By : SatuFakta ► Terselubung Panorama Indah Dari Tepi Pantai Mutun Bandar Lampung - Minggu, 06 Januari 2013 dengan URL http://kabarmesuji.blogspot.com/2013/01/panorama-indah-dari-tepi-pantai-mutun.html